Musrenbang Kabupaten

1. PENGERTIAN

Musrenbang Kabupaten adalah musyawarah pemangku kepentingan (stakeholder) di tingkat Kabupaten untuk memantapkan Rancangan-RKPD Kabupaten berdasarkan Renja Perangkat Daerah, dalam rangka memantapkan keserasian antara Renja Perangkat Daerah dengan Rancangan Awal RKPD yang telah disusun oleh Bappeda berdasarkan masukan hasil Musrenbang desa/kelurahan, kecamatan, hingga Perangkat Daerah.

Hasil Musrenbang Kabupaten adalah prioritas kegiatan yang telah dipilah menurut sumber pendanaan dari APBD Kabupaten, APBD Provinsi, dan APBN selanjutnya menjadi rujukan pada proses penyusunan anggaran tahunan daerah.

2. TUJUAN

Tujuan dari pelaksanaan Forum Perangkat Daerah:

  1. Mendapatkan masukan untuk penyempurnaan rancangan awal RKPD yang memuat prioritas pembangunan daerah, pagu indikatif pendanaan berdasarkan fungsi Perangkat Daerah, termasuk informasi mengenai rencana kegiatan yang pendanaannya bersumber dari APBD II, APBD I, APBN dan sumber pendanaan lainnya.
  2. Mendapatkan masukan terhadap rancangan awal RKPD.
  3. Mendapatkan sinkronisasi hasil-hasil Musrenbang desa/kelurahan, kecamatan, dan forum Perangkat Daerah untuk menjadi prioritas program/kegiatan pembangunan Kabupaten.

3. KELUARAN

Hasil Musrenbang Kabupaten:

  1. Bahan masukan terhadap RKPD.
  2. Daftar prioritas kegiatan yang sudah dipilah berdasarkan sumber pembiayaannya dari APBD II, APBD I, APBN dan pendanaan lainnya.