Forum Perangkat Daerah

1. PENGERTIAN

Forum Perangkat Daerah adalah forum musyawarah bersama antar pelaku pembangunan untuk membahas prioritas kegiatan pembangunan hasil Musrenbang tahunan tingkat kecamatan dengan Perangkat Daerah atau gabungan Perangkat Daerah, yang berhubungan dengan fungsi/sub fungsi, program/kegiatan sektor atau lintas sektor yang tatacara penyelenggaraannya dilakukan oleh Perangkat Daerah.

2. TUJUAN

Tujuan dari pelaksanaan Forum Perangkat Daerah:

  1. Menyusun daftar skala prioritas Rencana Kerja (Renja) Perangkat Daerah melalui proses sinkronisasi prioritas pembangunan hasil musrenbangcam dengan memperhatikan RPJMD, prioritas pusat dan provinsi.
  2. Memaduserasikan prioritas kegiatan pembangunan dengan pokok-pokok pikiran DPRD dan masukan dari stakeholders lain dengan tetap memperhatikan evaluasi kinerja Perangkat Daerah tahun sebelumnya.
  3. Memperhitungkan pagu indikatif Perangkat Daerah dan prioritas usulan kecamatan setelah dilakukan verifikasi oleh Perangkat Daerah yang terkait.
  4. Melakukan koordinasi dan sinkronisasi program/kegiatan antar Perangkat Daerah.

3. KELUARAN

Keluaran Forum Perangkat Daerah adalah:

  1. Data dan informasi mengenai usulan prioritas dari kecamatan.
  2. Rekapitulasi hasil usulan kegiatan yang jadi program Dinas / Badan / Bagian berdasarkan hasil Forum OPD yang memuat kerangka regulasi dan kerangka anggaran OPD, diharapkan OPD mengakomodasikan usulan prioritas kegiatan hasil Musrenbang Kecamatan minimal sebesar 40% dari pagu anggaran masing-masing OPD.
  3. Berita Acara Penetapan hasil Forum OPD yang terdiri dari

    a. Daftar usulan kecamatan yang di adopsi dalam Renja OPD.
    b. Daftar usulan kecamatan yang ditolak OPD serta alasannya.